Cara mencari di google agar tepat sasaran hasilnya

Sampai saat ini, Google merupakan search engine yang terbaik. Dia bekerja dengan mengitari jaringan internet (spidering) dan mencatat apa-apa yang ditemuinya. Artinya, dari sisi ‘cakupan’, Google memiliki cakupan terbaik tentang apa yang ada di internet.

Selain itu, Google juga mampu menyusunnya berdasarkan baiknya rating situs tersebut, sehingga rating yang terbaik (yang biasanya memang lebih lengkap atau lebih sering dikunjungi orang) akan muncul di halaman-halaman awal.
cara pencarian cepat dan tepat di google

Tips menggunakan Google dengan lebih baik agar hasilnya tepat sesuai kebutuhan:

Gunakan tanda petik (“) untuk sebuah kalimat seperti “Saving Private Ryan” untuk ketajaman pencarian.
Gunakan kata (and) dalam pencarian seperti “Saving Private Ryan” and “DVD”

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Googling, dan tips-tips dalam pencarian, berikut ini adalah uraian mengenainya:

Pencarian Dasar

Untuk memasukkan kueri ke dalam Google, ketikkan saja beberapa kata deskriptif dan tekan tombol ‘enter’ (atau klik tombol Google Search) untuk mendapatkan daftar hasil yang relevan.
Google menggunakan teknik kedekatan kata untuk mencari halaman-halaman yang penting dan relevan dengan pencarian Anda. Sebagai contoh, ketika Google menganalisa suatu halaman, Google melihat halaman-halaman lain yang melink ke halaman tersebut yang menerangkannya. Google juga suka halaman yang di dalamnya mendekati kata-kata yang Anda cari.

Query “and” Otomatis

Google hanya memberikan hasil halaman yang mengandung semua kata yang Anda cari. Tidak perlu menggunakan kata “dan”. Untuk membatasi lebih jauh, gunakan saja kata-kata yang lebih banyak.

Kata-kata Henti

Google mengabaikan kata-kata dan karakter umum, yang dikenal dengan kata-kata henti. Google secara otomatis mengabaikan kata-kata seperti “http” dan “.com,” sebagaimana dengan digit-digit dan huruf-huruf yang berdiri sendiri, karena mereka jarang membantu mempersempit sebuah pencarian, dan dapat memperlambat pencarian.
Gunakan tanda “+” untuk memasukkan kata-kata henti dalam pencarian Anda. Pastikan untuk memasukkan spasi sebelum tanda “+”. [Anda juga bisa memasukkan tanda “+” dalam frase pencarian.]

Lihat kata-kata pencarian Anda dalam konteks

Setiap hasil pencarian Google mengandung satu atau lebih serapan dari halaman web, yang menunjukkan bagaimana kata-kata pencarian Anda digunakan dalam konteks halaman tersebut.

Stem

Untuk menyediakan hasil yang paling akurat, Google tidak menggunakan pencarian “stem” atau dukungan “wildcard”. Dengan kata lain, Google mencari kata-kata persis dengan yang Anda masukkan dalam kotak pencarian. Mencari “googl” atau “googl*” tidak akan memberikan hasil “googler” atau googlin”. Jika ragu, cobalah bentuk lain: “airline” dan “airlines,” sebagai contoh.

Apakah huruf besar atau aksen berpengaruh?

Pencarian Google tidak pengaruh dengan huruf besar/kecil. Semua huruf, walau bagaiman diketiknya, akan dianggap huruf kecil. Sebagai contoh, pencarian “google”, “GOOGLE”, dan “GoOgLe” akan memberikan hasil yang sama.
Pencarian Googl secara default tidak sensitif terhadap aksen atau tanda-tanda diakritis. Seperti, [Muenchen] dan [M?nchen] akan menemukan halaman yang sama. Jika Anda ingen mendeskriminasikan antara dua kata tersebut, gunakan tanda + seperti [+Muenchen] dan [+M?nchen].

Kiat-kiat secara garis besar

Karena Google hanya menampilkan halaman-halaman web yang mengandung semua kata kunci yang Anda masukkan, memperbaiki atau mempersempit pencarian Anda adalah semudah menambahkan beberapa kata lagi ke kata kunci yang sudah Anda masukkan. Dengan menambahkan beberapa kata lagi, hasil pencarian yang diperoleh akan merupakan bagian-bagian spesifik dari hasil yang Anda peroleh dari pencarian “terlalu luas” sebelumnya.

Mengecualikan kata-kata

Anda dapat mengecualikan suatu kata dari pencarian Anda dengan menempatkan tanda minus (“-“) langsung di depan kata yang ingin Anda hindarkan. (Jangan lupa untuk menempatkan satu buah spasi kosong sebelum tanda minus)

Pencarian Frase

Dengan Google, Anda dapat mencari frase menggunakan tanda kutip. Kata-kata yang berada di antara tanda kutip ganda (“seperti ini”) akan muncul bersama-sama dalam semua dokumen hasil pencarian (kecuali jika berupa kata penutup, kata tertentu yang memerlukan tanda “+” — lihat di sini untuk lebih jelasnya). Pencarian Frase menggunakan tanda kutip sangat berguna ketika mencari ucapan-ucapan yang terkenal atau nama-nama sesuatu.
Beberapa karakter tertentu berfungsi sebagai penghubung frase. Google mengenali tanda minus, garis miring, titik, tanda sama dengan, dan apostrof sebagai penghubung frase.

Batasi Domain

Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata “site:”. Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks “site:sampledomain.com” pada kotak pencarian Google.

kode pencarian google agar mencari di google agar hasilnya tepat

1. Informasi kota atau negara
Jika ingin mengetahui wesite atau informasi tertentu mengenai kota atau negara tertentu, contoh:

Jakarta: Info

2. Informasi website tertentu
Jika mau mencari website, blog atau jumlah halaman yang sudah terindex, contoh:

Site:www.google.com

3. Sinonim atau persamaan kata
Misalnya kamu mencari website tertentu yang di dalamnya mengandung persamaan kata atau unsur tertentu, contoh:

“online business”~clothing

4. Mencari kalimat tertentu
Jika ingin mencari kata atau kalimat tertentu dan hasilnya lebih maksimal, gunakan tanda petik, contoh:

“online business”

5. Menghindari kata tertentu
Misalnya ingin mencari informasi website online business tapi tidak ingin yang mengandung kata clothing, contoh:

online business -clothing

6. Mencari dokumen tertentu
Memudahkan kita untuk mencari file atau dokumen tentang artikel yang kita inginkan, contoh:

“online business” filetype:doc

7. Pencarian dengan angka
Katakanlah kamu mau mencari sesuatu di antara angka atau tahun tertentu, masukkan:

campaign 1950..2005

8. Definisi kata tertentu
Google bisa mencari penjelasan dan arti kata tertentu, contoh masukkan:

define:humble

9. mengetahui waktu atau jam
Jika ingin mencari tahu tentang waktu atau jam di kota atau negara dunia, Google akan memberikan daftar situs yang akurat, contoh:

“time in jakarta”

10. Kurs mata uang asing
Google bisa digunakan sebagai alat konversi mata uang sekaligus menunjukkan situs yang tepat, contoh:

100 USD in IDR

Itulah 10 tips dan cara singkat agar hasil pencarian kita melalui Google search engine lebih optimal dan maksimal. Untuk mengetahui lebih dalam lagi fungsi rahasia mesin pencari Google, kamu bisa kunjungi situs resmi Google berikut ini:

http://www.google.com/intl/en/help/features.html

http://www.google.com/help/cheatsheet.html

Selamat mencoba menggunakan Google dengan lebih baik agar hasilnya tepat sesuai kebutuhan!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s